Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani meminta Dinas Kesehatan melengkapi fasilitas dan kebutuhan warga selama bencana kabut asap di seluruh puskesmas.

Hamdani mengatakan, masih ada beberapa puskesmas yang belum lengkap fasilitas kesehatan untuk menangani korban asap. Ia meminta fasilitas ini segera disediakan.

“Kita dapat laporan dari masyarakat bahwa tidak seluruh puskesmas yang menyediakan fasilitas pengobatan terkait bencana asap,” kata Hamdani, Minggu (15/9/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan, dari 22 puskesmas yang ada, belum semua bisa diakses oleh warga untuk mendapatkan fasilitas itu. “Sediakan itu, agar mereka bisa nyaman di situ, diobati dan beri kenyamanan,” kata dia.

Meski kepala Diskes masih berstatus pelaksana tugas, hal itu tidak akan menghalangi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Meski masih plt harusnya punya kewenangan untuk menanggapi bencana asap. Seharusnya bertindak untuk masyarakat. Ini sudah bisa dibilang darurat, masa depan anak-anak kita bisa terganggu, ini kan bahaya bagi kesehatan,” tambahnya.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan. Jika pun harus keluar rumah, hendaknya menggunakan masker.

“Masyarakat kurangi aktivitas keluar rumah. Jangan biarkan anak-anak keluar rumah,” kata dia.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengatakan, pihaknya berupaya terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan di puskesmas bagi pasien ISPA.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul Hamdani: Belum Semua Puskesmas di Pekanbaru Dilengkapi Fasilitas Korban Asap, https://pekanbaru.tribunnews.com/2019/09/15/hamdani-belum-semua-puskesmas-di-pekanbaru-dilengkapi-fasilitas-korban-asap.
Penulis: Fernando
Editor: ihsan